Alasan Sumur Anda Bau atau Tidak Jernih

Alasan Sumur Anda Bau atau Tidak Jernih

Alasan Sumur Anda Bau atau Tidak Jernih – Sumur Anda Bau atau Tidak Jernih? biasanya sumur yang bau memiliki warna yang tidak jernih atau memiliki warna seperti karatan.

Alasan Sumur Anda Bau atau Tidak Jernih

Alasan Sumur Anda Bau atau Tidak Jernih

yang menyebabkan sumur itu berbau atau warna air nya karatan, itu disebabkan oleh :

1. Kedalaman sumur kurang memenuhi standart,setahu saya kalau ingin kita ingin menggunakan sumur bor biasanya kedalamannya kira2 25 meter lebih dan diusakan pada saat pengeboran harus menyentuh tanah yg keras dan harus ada pasirnya biar nantinya air yang didapat bersih dan jernih.

2. Usahakan pada saat memilih tempat yang akan di jadikan tempat
sumur bor posisi jaraknya harus 10 meter dari MCK dan jangan
mendekati jamban.

3. jika ingin membuat sumur bor atau sumur biasa tempat disekitarnya usahakan ada pepohonan bambu, kelapa atau sejenis tanaman yang berakar serabut, agar memperoleh air yang dihasilkan bersih danjernih dan tanpa bau, karena pada umumnya pohon jenis seperti ini akarnya dapat berfungsi sebagai penyaring zat2 yg dibutuhkan oleh tumbuhan tersebut dan juga berfungsi sebagai penahan permukaan tanah agar tidak longsor.

4. Setelah tanah dibor tunggu dalam waktu 1 hari, kemudian masukkan tawas dan kaporit sesuai takaran dan secara rutin dapat di jawalkan cara pemakainya, agar air sumur bor lebih jenih dan bersih dan tehindar dari kuman.

Untuk menjernihkan air yang bau dan berwarna ini bisa pake filter sedimentasi berupa gabus dari yg ukuran 1 mikron s/d 0,1 mikron. Terus untuk menghilangkan baunya gunakan filter karbon aktif (arang), kemudian dilanjutkan lagi dengan filter karbon aktif (arang) yg berupa blok ( cetakan ).

Untuk proses ini memang lebih mahal daripada yg pake kaporit atau tawas. Tetapi tentu saja lebih prkatis kan tidak njlimet. Semua alat dan bahan bisa dibeli di toko2 yang menjual alat2 air minum isi ulang atau juga dapat dibeli di toko alat2 plumbing (perpipaan) atau malah ada di supermarket raksasa.

Bau besi dan bau busuk biasanya pula disebabkan oleh bakteri bakteri dan bisa hilang menggunakan tawas. Cari tawas di toko pompa air atau toko material bangunan.

Tapi kalau sumur berbau, sebaiknya periksa juga kualitas airnya: Apakah masih layak untuk minum atau hanya untuk MCK saja?

cukup sekian kali ini mengenai Alasan Sumur Anda Bau atau Tidak Jernih, semoga bermanfaat.

1 Comment
  1. Reply komar tirtamas December 6, 2016 at 11:42 am

    kondisi air sekarang banyak yang tercemar dan berbau, soalnya banyak areal bekas sawah dan rawa yang dijadkan perumahan , yang setruktur tanahnya becek dan lembab

Deja un Comentario